PENGELOLAAN SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan)

Suganda, Romi and Sahono, Bambang and Winarni, Endang Widi (2014) PENGELOLAAN SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-rom.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-rom.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah umum penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan sarana pembelajaran bahasa Inggris SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan?. Berdasarkan masalah umum tersebut, maka ada enam masalah khusus yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu: bagaimanakah perencanaan sarana pembelajaran bahasa Inggris?, bagaimanakah pengadaan sarana pembelajaran bahasa Inggris?, bagaimanakah penginventarisan sarana pembelajaran bahasa Inggris?, bagaimanakah penggunaan sarana pembelajaran bahasa Inggris?, bagaimanakah penyimpanan sarana pembelajaran bahasa Inggris? dan bagaimanakah penghapusan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana pembelajaran bahasa Inggris SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan. Adapun tujuan Khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan sarana pembelajaran bahasa Inggris, pengadaan sarana pembelajaran bahasa Inggris, penginventarisasian sarana pembelajaran bahasa Inggris, penggunaan sarana pembelajaran bahasa Inggris, penyimpanan sarana pembelajaran bahasa Inggris dan penghapusan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana, guru bahasa Inggris, Koordinator perpustakaan dan siswa di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah dianalilis secara deskriptif menurut variabel dan indikator yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, dari hasil observasi dan wawancara dengan para responden diketahui bahwa dalam aspek perencanaan sarana pembelajaran bahasa Inggris di di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan terdapat dua hal yang menjadi pertimbangan dalam penyususunan rencana sarana pemebelajaran bahasa Inggris, yaitu: sekala prioritas kebutuhan dan ketersediannnya anggaran yang ada. Kedua, pengadaan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Pembelian pengadaan sarana pembelajaran bahasa Inggris dilakukan melalui pembelian dan pengajuan proposal dengan menegedepankan aspek fungsi/utilities. Aspek ini mengacu pada kegunaan sarana tersebut terkait dengan kebutuhan yang nyata di sekolah. Ketiga inventarisasi pencatatan dan penyimpanan dokumentasi barang, penyerahan kepada penanggung jawab, penggunaan dan pemeliharaan dilakukan oleh wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana atau staf tata usaha yang mengurusi bidang sarana. di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan belum memiliki kelengkapan buku inventaris. Laporan barang invetaris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan dilakukan jika diperlukan saja. Dari keterangan di atas diperoleh informasi bahwa sekolah untuk penginventarisasian sarana pendidikan belum terlaksana dengan baik. Keempat, penggunaan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan telah digunakan untuk kegiatan akademik yaitu digunakan didalam proses belajar mengajar di kelas, selain itu sarana yang ada juga menunjang di dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan sekolah. Didalam penggunaan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan dapat di manfaatkan oleh seluruh warga sekolah. Kelima, pada program penyimpanan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan melibatkan seluruh warga sekolah, hanya saja masih kurangnya kesadaran warga sekolah dalam penyimpanan/pemeliharaan sarana pendidikan yang ada. Sehingga sarana pembelajaran yang ada sudah cepat rusak sebelum waktunya.Keenam, di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan pernah melakukan penghapusan khususnya sarana pembelajaran bahasa Inggris yang benar-benar rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi untuk selanjutnya disimpan digudang dan dibuat berita acara penghapusan, sehingga bisa disimpulkan bahwa penghapusan sarana pembelajaran bahasa Inggris suda ada program penghapusan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tujuan penghapusan salah satunya yaitu mencegah atau sekurang-kurangnya membatasi kerugian/pemborosan biaya untuk keperluan yang digunakan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan membutuhkan sejumlah perbaikan didalam pengelolaan saran, pengadaan sarana, penyimpanan sarana dan penghapusan sarana. Dibutuhkan pendayagunaan seluruh sumber daya yang dimiliki sekolah agar tercapai proses pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan seperti yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005. Untuk menindak lanjuti hasil penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran kepada sekolah yaitu : (1) manajemen sarana dan prasarana perlu mendapat perhatian mulai dari perencanaan, pengadaan, penginventarisasian, penggunaan, penyimpanan dan penghapusan; (2) inventarisasi harus dilakukan dengan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tercipta administrasi sarana yang baik; (3) sistem penyimpanan ditingkatkan dengan menumbuhkan kesadaran dari seluruh pengguna sarana mengenai pentingnya pemeliharaan; (4) kepala sekolah harus mengupayakan agar tersedia ruangan tempat menyimpan barang yang lebih baik, (5) kepala sekolah hendaknya mengusahakan pengelolaan sarana pembelajaran berdasarkan standar pelayanan minimum yang diatur dalam Permendiknas No. 24 tahun 2007, supaya proses pembelajaran bahasa Inggris terselenggara secara efektif dan efisien serta teratur dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:20
Last Modified: 10 Sep 2014 14:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item