PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SMP TERPENCIL (STUDI EVALUATIF PADA SMP NEGERI 15 SELUMA)

Abra , Saidi and Sasongko, Rambat Nur and Rohiat, Rohiat (2014) PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SMP TERPENCIL (STUDI EVALUATIF PADA SMP NEGERI 15 SELUMA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sai.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sai.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk untuk mengevaluasi pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada SMP Negeri terpencil 15 Seluma. Tujuan khusus penelitian untuk mengevaluasi: 1) Pemenuhan standar isi; 2) Pemenuhan standar proses; 3) Pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan; dan 4) Pemenuhan standar sarana prasarana. Metode penelitian yang dipergunakan adalah evaluatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu : wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisa yang digunakan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Data primer yang berasal dari lembar observasi diolah secara kuantitatif atau dengan statistik deskriptif, sedangkan data primer yang diperoleh melalui wawancara, studi dokumentasi, dan data sekunder akan diolah secara kualitatif dengan langkah-langkah; ruduksi data, display data, perbandingan data dengan kriteria dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada SMP Negeri terpencil 15 Seluma baru terpenuhi pada Standar Isi dan Standar Proses, sedangkan pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Standar Sarana and Prasarana berada dalam kategori kurang terpenuhi. Saran penelitian; kepada kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan SMP Negeri Terpencil 15 Seluma untuk dapat melakukan analisis pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada sekolah (internal) dan lingkungan luar sekolah (eksternal), dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma untuk dapat memberikan perhatian terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di sekolah-sekolah, khususnya sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil seperti SMP Negeri Terpencil 15 Seluma.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:42
Last Modified: 10 Sep 2014 14:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item