STUDI EVALUATIF KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PROFESIONALISME DI SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU

Hutami, Sari and Aliman, Aliman and Safnil, Safnil (2014) STUDI EVALUATIF KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PROFESIONALISME DI SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan kunci keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Baik atau buruknya prilaku atau cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Oleh sebab itu sumber daya guru harus dikembangkan baik melalui pendidikan dan pelatihan atau kegiatan lain agar kemampuan profesional meningkat.Sertifikasi guru adalah salah sat cara untuk meningkatkan kinerja guru. Meskipun guru di SMPN 12 kota bengkulu sudah banyak guru yang bersertifikat pendidik dibanding sekolah yang lain yang ada di kota bengkulu, Namun output dari sekolah tersebut belum bisa dikatakan tinggi dengan sekolah lain, hal ini terbukti hasil UN tahun 2011, ada beberapa siswa yang mengikuti ujian ulang, dibanding dengan sekolah lain yang tidak mempunyai guru bersertifikat pendidik, tentu menjadi pertanyaan besar. Apakah inputnya yang tidak baik atu kinerja guru – gurunya. Berdasarkan latar belakang di atas, “Rumusan umum masalah penelitian ini adalah “ Apakah kinerja guru bersertifikat pendidik dalam Mengelola Pembelajaran di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu sudah sesuai dengan standar yang di tentukan?”Ruang lingkup penelitian ini adalah hanya sebatas kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang meliputi proses perencanaan pembelajaran,Pelaksanaan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, pelaksanaan evaluasi atau penilaian pembelajaran, dan tindak lanjut hasil pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengevaluasi kinerja guru bersertifikat pendidik dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang sesuai dengan standar yang di tentukan. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja guru bersertifikat pendidik dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, memilih dan menggunakan media pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, dan menindak lanjuti hasil evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi evaluatif penelitian, yaitu suatu penelitian untuk mengevaluasi secara sistematis suatu situasi atau lingkup perhatian secara faktual dan akurat, kemudian di bandingkan dengan kreteria standar dan indikator yang jelas. Pengumpulan data dilakukan melalui hubungan lansung dengan sumber secara alamiah menggunakan instrumen yang dilakukan sendiri oleh peneliti sebagai pengumpul data yang di bantu oleh kepala sekolah sebagai manajer sekolah. Peneliti lansung bertindak sebagai instrumen penelitian, karena penelitian ini memerlukan manusia sebagai instrumen. Dengan demikian, peneliti dapat menggali data sebanyak – banyaknya untuk mengevaluasi kinerja guru bersetifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan adalah Observasi, wawancara, dan studi dokuumentasi. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara berdasarkan kreteria standar kinerja guru. Hasil penelitian secara umum menunjukan guru yang telah bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu sudah sesuai standar. Secara khusus hasil penelitian menunjukan: Pertama, Guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 dalam melakukan perencanaan pengajaran membuat pengembangan silabus, menentukan kreteria ketuntasan belajar maksimal, membuat RPP, menyusun program semester dan menyusun program tahunan, perencanaan ini dibuat diawal semester melalui forum MGMP, perencanaan yang dibuat tersebut telah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan(SNP) Kedua, Kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota bengkulu dalam melaksanakan pengajaran telah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Ketiga, Kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu dalam memilih dan menggunakan media masih di temukan guru yang tidak menggunakan media, dikarenakan kurangnya pemahaman dan ketersedian media yang akan di gunakan oleh guru yang bersangkutan. Namun secara umum kinerja guru bersertifikat dalam memilih dan menggunakan media sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Keempat, Guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu, dalam mengevaluasi pembelajaran telah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Namun masih terdapat beberapa hal yang menunjukan bahwa kemampuan Guru bersertifikat pendidik dalam melaksanakan evaluasi pendidikan masih kurang , yakni kurangnya perencanaan yang baik dalam membuat pedoman penskoran, serta penilaian secara kelompok. Guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu, dalam menindak lanjuti hasil penilian evaluasi masih kurang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Guru bersertifikat pendidik tidak melakukan analisis hasil penelitian , remedial, yang dilaksanakan cendrung asal – asalan, dan pengayakan nya tanpa dilakukan bimbingan. Program tindak lanjut hasil penilain tidak di rencanakan, sehingga pelaksanaannya kurang berjalan. Saran yang dapat di sampaikan peneliti berdasarkan hasil peneliti ini, dalam rangka peningkatan kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu, yaitu: Kesatu, Guru yang sudah lulus sertifikasi hendaknya mampu membuat perencanaan dengan baik, baik secara individu maupun secara kelompok. Perencanaan yang di buat tersebut hendaknya tidak hanya mengadopsi kurikulum yang telah di buat oleh BSNP, tetapi mengembangkan terlebih dahulu. Kedua, Guru hendaknya mengelola kelas secara baik, pelaksanaan pembelajaran jangan terpaku pada batas ruang saja . Tetapi dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar. Strategi dan metode yang di gunakan dalam proses belajar mengajar hendaknya bervariasi. Dari pihak sekolah, keapala sekolah harus melakukan supervise kelas. Ketiga, Guru hendaknya menggali kreativitasnya dalam memilih media pembelajaran, jangan hanya berpatokan pada media yang telah di sediakan oleh sekolah. Keempat, Guru hendaknya melaksanakan penilaian sesuai dengan prinsip– prinsip pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Kelima, Guru hendaknya lebih analitis dalam menindak lanjuti hasil evaluasi. Soal test yang berupa soal hendaknya dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat kesukarannya, selain itu program remedial dilaksanakan dengan benar, yakni memberikan pembelajaran ulang dengan menggunakan teknik, metode, dan strategi yang berbeda. Keenam, Pemerintahnya hendaknya memperhatikan kinerja guru yang telah lulus sertefikasi. Jika ada kinerja guru yang tidak sesuai dengan standar pendidikan, maka sertefikasi profesionalnya dapat di tangguhkan. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan reward bagi guru–guru bersertifikat pendidik yang memiliki kinerja tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:57
Last Modified: 10 Sep 2014 14:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8443

Actions (login required)

View Item View Item