IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SD NEGERI 05 BENGKULU SELATAN)

Sariyah, Sariyah and Sasongko, Rambat Nur and Somantri, Manap (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SD NEGERI 05 BENGKULU SELATAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi supervisi Akademik berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah. Tugas berkaitan dengan usaha, kegiatan atau program yang diprakarsai dan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti segenap program supervisi akademik kepala sekolah yang diimplementasikan di sekolah. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah di SDNegeri 05 Bengkulu Selatan? Permasalahan Khusus yaitu: (1) bagaimanakah perencanaan supervisi akademik? (2) bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik? (3) bagaimana monitoring dan evaluasi supervisi akademik? (4) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam supervisi akademik? dan (5) bagaimana menindaklanjuti faktor penghambat dalam supervisi akademik? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik di SD Negeri 05 Bengkulu Selatan. Secara lebih rinci penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik. Kedua. mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik. Ketiga, mendeskripsikan monitoring dan evaluasi supervisi akademik. keempat, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam supervisi akademik. kelima, tindaklanjut faktor penghambat dalam supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan kejadian nyata yang ditemui di lapangan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri 05 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan melalui 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) perencanaan supervisi akademik yang berupa merumuskan program supervisi akademik dengan melibatkan rapat kecil bersama beberapa guru senior dan wakil kepala sekolah, yang membantu kepala sekolah merencanakan supervisi akademik. (2) pelaksanaan supervisi akademik di SD Negeri 05 Bengkulu Selatan, kepala sekolah memberikan penilaian terhadap setiap guru melalui kegiatan pra kunjungan kelas, pelaksanaan kunjungan kelas dan pasca kunjungan kelas. (3) monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan supervisi akademik di SD Negeri 05 Bengkulu Selatan selalu dimonitor atau dipantau oleh kepala sekolah, kemudian hasilnya dievaluasi. (4) faktor pendukung implementasi supervisi akademik adalah para guru selalu siap untuk disupervisi oleh kepala sekolah karena menyadari bahwa kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah adalah untuk memberikan masukkan yang berharga bagi kebaikan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah. (5) faktor penghambat pada pelaksanaan supervisi akademik ini adalah adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh kepala sekolah yang berupa jika kepala sekolah mensupervisi guru yang bukan bidang studi yang menjadi background pendidikan kepala sekolah, tindaklanjut yang dapat diberikan adalah dengan upaya kepala sekolah mengadakan hubungan kerja sama antara kepala sekolah dengan sesama guru dan kepala sekolah dengan pengawas rumpun mata pelajaran untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru berkait permasalahan yang timbul pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Simpulan penelitian menunjukan bahwa implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau telah sesuai dengan standar proses yang diberlakukan oleh sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan hasil penelitian ini, penulis menyampaikan Saran-saran sebagai berikut; (1) kepala sekolah hendaknya merumuskan program supervisi akademik dengan melibatkan rapat kecil bersama beberapa guru senior dan wakil kepala sekolah. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan membentuk tim pembantu supervisi yang diberi Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Sekolah. (2) pelaksanaan supervisi akademik di sekolah hendaknya, kepala sekolah memberikan penilaian terhadap setiap guru melalui kegiatan supervisi akademik berupa pra kunjungan kelas, pelaksanaan kunjungan kelas dan pasca kunjungan kelas. (3) implementasi supervisi akademik hendaknya diikuti oleh kegiatan monitoring dan evaluasi di sekolah, artinya dalam pelaksanaan supervisi akademik selalu dimonitor atau dipantau oleh kepala sekolah, kemudian hasilnya dievaluasi bersama tim pembantu supervisi akademik sekolah yang telah terbentuk. (4) hendaknya pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dievaluasi dan dianalisis guna menemukan berbagai kesulitan sebagai faktor penghambat kegiatan supervisi akademik kepala sekolah, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan, dan ditemukan berbagai faktor pendukung yang menjadi kekuatan dalam pelaksanaan supervisi akademik yang telah dilakukan. (5) segenap faktor yang menjadi faktor penghambat hendaknya di tindaklanjuti atau dicarikan solusinya melalui sharing dengan guru yang disupervisi dan diskusi dengan tim pembantu supervisi akademik Sekolah guna memperoleh solusi terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 15:08
Last Modified: 10 Sep 2014 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item