MANAJEMEN PENJAMIN MUTU PADA STANDAR PROSES PENDIDIKAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 1 KEPAHIANG)

Sumiati, Sumiati and Sasongko, Rambat Nur and Winarni, Endang Widi (2014) MANAJEMEN PENJAMIN MUTU PADA STANDAR PROSES PENDIDIKAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 1 KEPAHIANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sum.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sum.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (956kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen penjaminan mutu pada standar proses pendidikan di SMA Negeri I Kepahiang Kabupaten Kapahiang? Masalah umum tersebut di kembangkan menjadi masalah khusus yaitu : 1) bagaimana manajemen penjaminan mutu pada proses perencanaan pembelajaran di SMA Negeri I Kepahiang Kabupaten Kepahiang. 2) bagaimana manajemen penjaminan mutu pada pelaksanaan proses pendidikan di SMA Negeri I Kepahiang Kabupaten Kepahiang? 3) bagaimana Manajemen Penjamin mutu pada proses penilaian di SMA Negeri I Kepahiang Kabupaten Kepahiang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penjaminan mutu pada standar proses pendidikan di SMA Negeri 1 Kepahiang Kabupaten Kepahiang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan penjaminan mutu dalam proses perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kepahiang Kabupaten Kepahiang. 2)Mendeskripsikan pelaksanaan penjaminan mutu dalam proses pelaksanaan pembelajaran sekolah di SMA Negeri 1 Kepahiang Kabupaten Kepahiang. 3) Mendeskripsikan penjaminan mutu dalam proses penilaian pembelajaran di SMA Negeri 1 Kepahiang Kabupaten Kepahiang. Penelitian yang telah di lakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang terdiri dari 4 orang dan kepala sekolah satu orang di SMA Negeri I Kepahiang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi. Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam analisa data dimulai dengan mengumpulkan data dengan membuat abstraksi (rangkuman), menyusun data dalam satuan satuan, pengkategorian dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Setelah di lakukan analisa data selanjutnya di ambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, manajemen penjamin mutu pada standar proses pendidikan bidang perencanaan pengajaran di lakukan oleh kepala sekolah beserta wakil bidang kurikulum dengan cara 1) memeriksa isi perencanaan pengajaran tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, identifikasi materi pelajaran, indikatir pencapaian kompetensi, jenis penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar, dan 2) memeriksa kelengkapan perencanaan pembelajaran yaitu program tahunan, program semester, silabus, RPP, media pembelajaran, jurnal pembelajaran, absensi siswa dan daftar nilai. Kedua, manajemen penjamin mutu pada standar proses pendidikan untuk pelaksanaan pembelajaran di lakukan oleh kepala sekolah bersama wakil kepala sekolah bidang pengajaran. Manajemennya adalah : 1) Menetapkan rombongan belajar maksimal 32 peserta didik pada setiap rombongan belajar. 2) Menetapkan beban kerja minimal guru meliputi a) langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengajar serta b) guru harus mengajar menimal 24 jam tatap muka dalam satu (1) minggu. 3) Memantau buku teks pelajaran yang digunakan, mengupayakan rasio buku teks yang seimbang dengan jumlah peserta didik, menyediakan buku pengayaan. 4) Mengamati guru dalam pengelolaan kelas yang meliputi pengaturan tempat duduk dan penciptaan suasana kondusif dalam pembelajaran. 5) Mengamati kegiatan wal yang dilakukan guru ketika mengajar dalam membuka pelajaran melaksanakan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, manajemen penjaminan mutu dalam bidang penilaian dilakukan dengan memeriksa dan memonitor aspek penilaian yang dimulai dari merumuskan tujuan-tujuan evaluasi. Aspek-aspek yang di evaluasi adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Adapun teknik yang di gunakan adalah teknik tes dan non tes. Sebelum menyusun intstrumen di lakukan dengan beberapa langkah. Seperti penetapan tujuan penilaian, merumuskan indikator yang hendak di capai, meyusun kisi-kisi soal barulah kemudian di susun instrumennya, penentuan standar dan tolak ukur penilaian, analisis butir soal dan program tindak lanjut dari hasil penilaian. Penjaminan mutu bidang penilaian ini dibawah kendali kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang pengajaran. Simpulan umumnya adalah manajemen penjaminan mutu pada standar proses pendidikan di SMA Negeri I Kepahiang Kabupaten Kepahiang di lakukan oleh Kepala Sekolah dan wakil kepala sekolah bidang pengajaran. Sedangkan simpulan penelitaian secara khusus menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen penjamin mutu pada standar proses ;pendidikan bidang perencanaan pengajaran di lakukan oleh kepala sekolah beserta wakil bidang kurikulum. Kedua, manajemen penjamin mutu pada standar proses pendidikan untuk pelaksanan pembelajaran di lakukan oleh kepala sekolah bersama wakil kepala sekolah bidang pengajaran. Ketiga, manajemen penjamin mutu dalam bidang penilaian dilakukan dengan memeriksa dan memonitor aspek penilaian yang di mulai dari merumuskan tujuan-tujuan evaluasi. Saran peneliti : Pertama, bagi kepala sekolah untuk meningkatkan pelaksanaan manajemen mutu pada standar proses pendidikan dengan membentuk unit atau bagian khusus penjamin mutu pendidikan. Kedua, bagi para guru untuk selalu mengacu kepada standar – standar yang telah ditetapkandalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ketiga, bagi para wakil kepala sekolah dan wali kelas agar ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan manajemen mutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 15:40
Last Modified: 10 Sep 2014 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item