MANAJEMEN PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DAERAH TERPENCIL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SMP NEGERI SATU ATAP 42 SELUMA)

Syarfalaila , Syarfalaila and Aliman, Aliman and Widodo, Slamet (2014) MANAJEMEN PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DAERAH TERPENCIL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SMP NEGERI SATU ATAP 42 SELUMA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sya.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sya.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah manajemen kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma? Rumusan khusus penelitian ini 1) bagaimanakah perencanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma?; 2) bagaimanakah pengorganisasian yang dilakukan kepala sekolah ru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma?; 3) bagaimanakah pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma?; 4) bagaimanakah pengawasan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma?; dan 5) masalah-masalah apa yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma? Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru; 2) pengorganisasian yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru; 3) pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru; 4) pengawasan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru dan 5) masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu induktif dengan langkah-langkah; ruduksi data, display data, perbandingan data dengan kriteria dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, perencanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma menunjukkan dilakukan dalam bentuk rapat/pertemuan tatap muka bersama para guru yang ada di SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma digunakan untuk menyampaikan peningkatan kinerja guru dalam proses kegiatan belajar mengajar yang itu disesuaikan dengan visi dan misi sekolah serta melalui rekrutmen guru yang dalam proses perekrutan dan penyeleksian guru tersebut berdasarkan seleksi yang mengutamakan mutu. Kedua, pengorganisasian kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma dilakukan dengan mempersiapkan guru dalam penugasan, melakukan penugasan guru oleh kepala sekolah sesuai kebutuhan, pembagian tugas guru dan ketersediaan struktur organisasi sekolah. Pengorganisasian kinerja guru ini dilakukan dengan mempersiapkan guru dalam penugasan, melakukan penugasan guru sesuai kebutuhan, melakukan pembagian tugas guru, serta mempersiapkan struktur organisasi sekolah yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma. Ketiga, pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma, yaitu dilakukan dengan pembinaan kinerja, dan melaksanakan penilaian kinerja. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, pelaksanaan pembinaan kinerja, dan melaksanakan penilaian kinerja ini belum efektif terlaksana. Keempat, pengawasan kinerja guru di daerah terpencil yaitu pada SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma ini belum efektif. Ketidakefektifan tersebut dapat dinilai dari tidak dimilikinya program pengawasan kinerja guru, pembinaan kinerja guru yang dilakukan baru dalam bentuk pengarahan, pemanggilan secara pribadi belum melakukan pengawasan ke kelas ketika guru mengajar, serta pada penilaian kinerja guru belum dipergunakan instrumen serta kejelasan penilaian yang dilakukan. Kelima, permasalahan yang dihadapi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja gurunya adalah masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten serta masih kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan. Simpulan secara umum penelitian ini yaitu manajemen kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma baru terlaksana pada perencanaan dan pengorganisasian yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru, sedangkan pada pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru belum efektif terlaksana, dan terdapat permasalahan yang dihadapi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja gurunya adalah masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten serta masih kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan. Saran penelitian ini sebagai berikut: Pertama, kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas dari rapat/pertemuan tatap muka untuk perencanaan peningkatan kinerja guru melakukan proses identifikasi, mengumpulkan, dan menganalisis data-data internal dan eksternal (esensial dan kritis) untuk memperoleh informasi terkini dan yang bermanfaat bagi penyiapan dan pelaksanaan perencanaan kinerja guru di SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma, sehingga perencanaan peningkatan kinerja guru yang dilakukan dapat berorientasi kepada masa depan dan proses jangka panjang dan jauh untuk menghadapi masa depan. Kedua, pengorganisasian kepala sekolah daerah terpencil dalam meningkatkan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma harus dapat ditingkatkan dengan jalan melakukan mekanisme dan prosedur manajemen guru yang diimplementasikan dengan baik, terutama dalam meningkatkan daya tawar bagi program pengadaan guru baru (mulai dari proses rekrutmen, seleksi, sampai pada penempatan), program perancangan kompensasi, pemberdayaan, pengembangan yang optimal (melalui pendidikan, pelatihan) bagi peningkatan kinerja guru di SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma. Ketiga, kepala sekolah hendaknya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan peningkatan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 42 Seluma, terutama dalam hal memberikan bimbingan terhadap para guru dalam meningkatkan kinerjanya dan melakukan penilaian terhadap kinerja guru secara efektif sesuai ketentuan penilaian kinerja guru. Keempat, kinerja guru dapat dilihat dari kemampuan dalam melaksanakan tugas utama sebagai guru yaitu mengajar, mendidik dan melatih, oleh karenanya kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk dapat melakukan koordinasi yang lebih baik dalam melakukan pengawasan kinerja bagi guru ini sehingga tugas guru tersebut benar-benar dapat terlaksana dengan baik. Kelima, kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma untuk dapat memperhatikan dan meningkatkan kemampuan kepala sekolah dengan keterampilan-keterampilan profesional agar mereka mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, khusunya dalam meningkatkan kinerja guru dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kepala sekolah dalam upayanya meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 16:02
Last Modified: 10 Sep 2014 16:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8451

Actions (login required)

View Item View Item