KINERJA KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 8 SELUMA)

Abdillah , Zaiyadi and Sasongko, Rambat Nur and Zakaria, Zakaria (2014) KINERJA KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 8 SELUMA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-zai.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-zai.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini yaitu “Bagaimana kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 8 Seluma?”.Rumusan masalah khusus penelitian ini adalah Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar, Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pengelolaan administrasi sekolah, Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga kependidikan, Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasaranasekolah, Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu keuangan sekolah, Bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu hubungan sekolah dengan masyarakat.Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 8 Seluma.Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: peningkatan mutu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, peningkatan mutu administrasi sekolah, peningkatan mutu tenaga kependidikan, peningkatan mutu sarana dan prasarana sekolah, peningkatan mutu keuangan sekolah, peningkatan mutu hubungan sekolah dengan masyarakat. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa.Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan langkah analisis data dilakukan dengan kualitatif, melalaui penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kinerja kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma dalam meningkatkan mutu pendidikan berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada walaupun terdapat kendala yang dihadapi dan kepala Sekolah Atas Negeri 8 Seluma berusaha mengatasi kendala yang ada. Secara khusus hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 8 Seluma berjalan dengan baik. Kepala sekolah melakukan supervisi terhadap guru.Kepala sekolah mengangkat guru honorer untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga pengajar. Kedua , administrasi sekolah: administrasi kurikulum, personalia, kesiswaan dan sarana prasarana direncanakan dan diorganisasikan oleh kepala sekolah bersama dengan para wakilnya beserta guru . Namun proses evaluasi belum dilaksanakan. Ketiga, tenaga kependidikan, kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial guru di SMA Negeri 8 Seluma cukup baik.Kendala dalam meningkatkan mutu tenaga kependidikan adalah kurangnya dukungan dana dari APBS. Kepala sekolah setiap tahun berusaha meningkatkan anggaran untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan atau pelatihan. Keempat, sarana prasarana sekolah, kepala sekolah berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana diawal tahun pelajaran untuk kebutuhan sarana prasarana sekolah satu tahun kedepan.Kendala dalam meningkatkan mutu sarana prasarana sekolah adalah kurang tersedianya anggaran sekolah untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana sekolah. Kelima, keuangan sekolah, proses perencanaan keuangan sekolah diawali dengan kepala sekolah meminta keempat wakilnya untuk membuat program bidangnya masing-masing untuk periode satu tahun kedepan.Pelaksanaan keuangan sekolah dijalankan sesuai dengan APBS yang telah disahkan.Kepala sekolah mempertanggung jawabkan keuangan sekolah yang bersumber dari orang tua siswa setiap satu tahun sekali dipertanggung jawabkan kepada orang tua siswa melalui komite sekolah dengan menggelar rapat paripurna LPJ keuangan sekolah. Sedangkan untuk keuangan sekolah yang bersumber dari APBN atau APBD tentu dilaporkan sesuai dengan juklak dan juknis penggunaan dana tersebut. Keenam, hubungan sekolah dengan masyarakat, perencanan bidang humas dilaksanakan bersama antara kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang humas.Kepala sekolah menginstruksikan kepada wakil kepala sekolah bidang humas membuat program kerja setahun kedepan dengan meminta bantuan dan saran dari guru-guru. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu humas adalah sulitnya membuat program kerja.Dari tahun ketahun program kerja bidang humas bisa dikatakan monoton. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah merupakan pelaksana utama dalam peningkatan mutu di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma baik yang bersifat koordinatif maupun administratif. Simpulan penelitian secara khusus adalah sebagai berikut; pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 8 Seluma berjalan dengan baik, administrasi sekolah: administrasi kurikulum, personalia, kesiswaan dan sarana prasarana direncanakan dan diorganisasikan oleh kepala sekolah bersama dengan para wakilnya beserta guru, kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial guru di SMA Negeri 8 Seluma cukup baik, sarana prasarana sekolah, kepala sekolah berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana diawal tahun pelajaran, proses perencanaan keuangan sekolah diawali dengan kepala sekolah meminta keempat wakilnya untuk membuat program bidangnya masing-masing, perencanan bidang humas dilaksanakan bersama antara kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang humas. Saran sebagai berikut. Pertama, agar kepala sekolah SMA Negeri 8 Seluma terus selalu mengkoordinasikan dan mengusulkan kepada pihak dinas pendidikan Seluma untuk melengkapi kurangnya tenaga pengajar. Kedua, dalam hal administrasi sekolah agar dilakukan proses evaluasi secara periodik. Ketiga, tenaga kependidikan agar selalu meningkatkan kompetensi dan mutu demi terwujudnya pendidikan yang bermutu tinggi di SMA Negeri 8 Seluma. Keempat, sarana prasarana sekolah harus selalu diusahakan meningkat setiap tahunnya. Kelima, keuangan sekolah agar diusahakan terus tumbuh sehat dan tetap transparan pengelolaannya. Keenam, hubungan sekolah dengan masyarakat harus terus ditingkatkan.Kepala sekolah agar berkoordinasi secara intens dengan wakil kepala sekolah bidang humas untuk membuat dan melaksanakan program humas yang bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 11 Sep 2014 10:14
Last Modified: 11 Sep 2014 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item