MANAJEMEN KELAS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMPERBAIKI PERILAKU SISWA YANG MENYIMPANG (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU)

Alam, Syamsir and Zakaria, Zakaria and Aliman, Aliman (2014) MANAJEMEN KELAS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMPERBAIKI PERILAKU SISWA YANG MENYIMPANG (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sya.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (133MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sya.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (133MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini adalah bagaimanakah manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang menyimpang di SMP Negeri 3 Lubuklinggau? Sedangkan rumusan masalah khusus adalah: 1) bagaimanakah manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang terlambat masuk kelas pada saat pelajaran dimulai? 2) bagaimanakah manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang berpakaian tidak rapi dalam kelas? 3) bagaimanakah manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang tidak tertib mengerjakan tugas latihan dalam kelas ? 4) bagaimanakah manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang tidak peduli kebersihan lingkungan kelas? Dan 5) apa yang mempengaruhi perilaku siswa yang menyimpang? Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan manajemen kelas berbasis pendidikan karakter dalam memperbaiki perilaku siswa yang menyimpang di SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Tujuan penelitian secara khusus adalah mendeskripsikan: 1) manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang terlambat masuk kelas pada saat pelajaran dimulai, 2) manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang tidak berpakaian rapi dalam kelas, 3) manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang tidak tertib mengerjakan tugas latihan dalam kelas, 4) manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa yang tidak peduli kebersihan lingkungan kelas, dan 5) hal-hal yang mempengaruhi perilaku siswa yang menyimpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini tidak ada perlakuan khusus yang diberikan atau dikondisikan sebelumnya, peneliti hanya mendeskripsikan hasil penelitian dengan data apa adanya (pada kondisi yang alamiah) dan tidak dimanipulasi pada proses pengolahan data. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Data dikumpulkan melalui teknik: a) wawancara, b) observasi, dan c) dokumentasi yang selanjutnya di analisis dalam tiga kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa menyimpang di SMP Negeri 3 Lubuklinggau sudah berjalan dengan baik. Secara khusus disimpulkan bahwa Pertama, manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa smp Negeri Lubuklinggau yang terlambat masuk kelas pada saat pelajaran dimulai telah berjalan dengan baik hal ini dikarenakan: 1) guru wajib member contoh keteladan kepada siswa untuk dating masuk kelas tepat waktu, 2) guru wajib gunakan waktu 5-10 menit untuk mengajarkan tentang etika pendidikan karakter yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan, 3) guru wajib menegakkan aturan dan tata tertib disekolah. Kedua, manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang tidak rapi dalam berpakaian dalam eklas telah berjalan denganb aik, hal ini disebabkan:1) guru wajib melaksanakan pengawasan dan teguran terhadap siswa yang tidak rapi, 2) guru wajib memiliki buku pembinaan siswa untuk memperbaiki perilaku siswa yang tidak berpakaian rapi, 3) guru wajib serius untuk melakukan perbaikan prilaku siswa yang berpaikan tidak rapisecara continue. Ketiga, manajemen kelas berbasis pendidikan karakter memperbaiki perilaku siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang tidak tertib dalam mengerjakan tugas dalam kelas telah berjalan dengan baik, sebab 1) guru wajib mengimplementasikan metode komunikatif, aktif, kreatif pada saat proses belajar mengajar, 2) guru wajib memiliki buku program rencana pengajaran berbasis pendidikan karakter, 3) guru wajib melaukan pengendalian danpenguasaan kelas sehingga proses belajar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Keempat, manajemen kelas berbasis pendidikan karakter mempbaiki perilaku siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang tidak peduli kebersihan kelas telah berjalan dengan baik, dikarenakan: 1) guru wajib membuat perangkat administrasi pendidikan dan pengajaran yang berbasis pendidikan karakter, 2) guru wajib mengontrol saranan dan prasarana berupa kotak sampah organic dan anorgatik yang tersedia pada tiap-tiap kelas, 3) guru wajib mencatat dalam buku pembinaan dewan guru untuk melakukan perbaikan prilaku siswa yang mengulang perbuatannya dikemudian hari. Kelima, hal-hal yang mempengaruhi perilaku siswa menyimpang meliputi faktor eksternal dan factor internal. Factor eksternal yakni; 1) siswa yang kurang perhatian orang tua, 2) siswa yang pergaulan lingkungan masyarakt yang kurang baik, 3) siswa yang rumah tangga orang tua berantakan (broken home). Factor internal yakni : 1) siswa berkemampuan kecerdasan rendah, 2) siswa yang mempunyai sikap ingin mencari perhatian orang lain, 3) siswa yang karakter emosional ingin menguasai orang lain. Implikasi temuan penelitian yang dapat dirumuskan bhwa utjuan manajemen kelas adalah yang pertama, mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin. Yang kedua, menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran. Yang ketiga, menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan social, emosional dan intelektual siswa dalam kelas. Yang keempat, membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang social, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individualnya. Kelima, melalui konteks proses belajar mengajar, manejemen kelas adalah sebagai jenis kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal untuk membelajarkan peserta didik. Berangkat dari penelitian maka penelitian menyarankan, pertama, siswa selaku generasi penerus bangsa, dapat merubah atau memperbaiki perilaku yang negative dan memotivasi teman-teman dalam mengaktualisasikan perilaku yang bernilai pendidikan karakter dimanapun dan kapanpun mereka berada. Kedua, untuk dewan guru sebagai garda terdepan dalam mewujudkan pendidikan nasional. untuk tetap konsisten mengimplementasikan pendidikan karakter dalam situasi dan kondisi apapun, kedepankan profesionalitas pendidik, wajib mengutamakan kepentingan umum bangsa dan Negara dari pada kepentingan pribadi, kelompok ataupun golongan, sehingga apa yang kita tanamkan sesuatu yang positif sekarang akan membuahkan hasil yang positif pula dikemudian hari. Ketiga, disarankan kepada pengelolah administrator/ TU disamping memang tugas wajib juga diharapkan agar selalu mendukung keadministrasian dewan guru, karena tanpa didukung oleh pihak administrator, keberhasilan dunia pendidikan hal yang mustahil tercapai sesuai harapan. Keempat, Kepala sekolah selaku manajer hendaknya tetap komitemen member motivasi dan mengoptimalkan keprofesionalan para guru, karena keberhasilan para guru dalam mengimplementasikan manajemen kelas pada intinya merupakan keberhasilan Kepala Sekolah dalam Memimpin institusinya. Kelimat, disarankan kepada Dinas Pendidikan kota Lubuklinggau sebagai instansi yang menaungi SMP Negeri 3 Lubuklinggau dapat mengoptimalkan peran pengawas dan memberi masukan secara kontinyu dalam rangka penerapan pendidikan karakter yang pada gilirannya berujung pada peningkatan kualitas pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 11 Sep 2014 14:27
Last Modified: 11 Sep 2014 14:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item