PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI FLUIDA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Juniarti , Endah and Medriati , Rosane and Hamdani, Dedy (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI FLUIDA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-end.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-end.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada konsep fluida. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 35 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 36,5 dalam kategori baik, siklus II sebesar 38,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 40,5 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,35 dan ketuntasan belajar sebesar 91,72% (tuntas); pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,45 dan ketuntasan belajar sebesar 97,22% (tuntas), dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 88,46 dan ketuntasan belajar sebesar 97,22% (tuntas). Hasil belajar siswa dalam aspek psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,5 dalam kategori cukup; pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,6 dalam kategori cukup; dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 80,5 dalam kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 60,82%; pada siklus II 70,02%; dan pada siklus III 77,66%. Kesimpulannya, model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Sep 2014 15:34
Last Modified: 11 Sep 2014 15:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item