Tuhayat , Ayat and Swistoro, Eko and Kancono, Kancono (2014) UJI FISIS BATA DI DAERAH RAWAN GEMPA REJANG LEBONG DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-aya.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (821kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-aya.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
Abstract
Bagi sebagian penduduk Bengkulu, gempa bumi merupakan bencana alam yang harus selalu mereka hadapi setiap saat. Tempat yang mereka huni merupakan salah satu jalur gempa di indonesia. Kerusakan bangunan terjadi pada pada semua strata masyarakat, bahkan kerusakan yang terbesar umumnya pada bangunan rumah sederhana tembokan menggunaka bata. Penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti penggunaan material bata tembokan yang kurang memenuhi syarat kekuatan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Bengkulu. Daerah yang diteliti pada daerah rawan gempa di Kabupaten Rejang Lebong, yaitu Kec. Padang Ulak Tanding, Kec. Bermani Ulu dan Kec. Curup Kota (Desa Tabarenah). Hasil penelitian menunjukkan Kuat Tekan bata rata-rata : 25,79 kg/cm 2 (Kec. Padang Ulak Tanding), 16,95 kg/cm 2 (Kec. Bermani Ulu), dan 19,95 kg/cm 2 (Kec. Curup Kota). Daya serap bata selama 3 menit : 48,75 gr/dm 2/menit (Kec. Padang Ulak Tanding), 43,60 gr/dm 2/menit (Kec. Bermani Ulu), dan 30,97 gr/dm 2/menit (Kec. Curup Kota). Model pembelajaran adalah suatu cara atau pola yang disusun atau di buat untuk perencanaan pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang membantu seorang guru untuk mengkaitkan suatu materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, yang akhirnya memotivasi untuk membuat suatu hubungan dari pengetahuan yang telah dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Bata dijadikan bahan untuk praktik pengukuran, besaran dan satuan, menggunakan bata dapat mengukur tiga besaran panjang, massa dan waktu.dengan pendekatan pembelajaran CTL. Dari analisa hasil penelitian diperoleh hasil : Hasil uji t-tes diperoleh, t-hitung = 3,25 dan t-tabel = 2,002, karena t-hitung > t-tabel untuk taraf signifikan 5% dan 1% maka terdapat perbedaan yang signifikan. Nilai rata-rata kelas eksperimen 74,20 dan kelas kontrol 59,80.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 11 Sep 2014 15:50 |
Last Modified: | 11 Sep 2014 15:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8470 |
Actions (login required)
View Item |