Sapri, Johanes and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 07 MUKOMUKO). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-amr.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (531kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-amr.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (886kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 07 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 07 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 07 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 07 Mukomuko. Metode penelitian adalah metode penelitian campuran, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), tahapan berikutnya yaitu ”kuasi eksprimen” Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan : Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu siswa yang aktivitas belajarnya katagori baik meningkat dari siklus I sampai siklus III sebesar : (31,25 %), (62,50 %) dan (68,75 %), dan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I : 87,50 % meningkat pada siklus II dan III menjadi 100 %. Penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia efektif pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 07 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini tercermin dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III, serta adanya perbedaan yang signifikan hasil uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 11 Sep 2014 15:59 |
Last Modified: | 11 Sep 2014 15:59 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8471 |
Actions (login required)
View Item |