OPTIMALISASI KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA BONEKA HORTA

Rossa , Vika Oktia and Nasirun, Nasirun and Yulidesni, Yulidesni (2014) OPTIMALISASI KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA BONEKA HORTA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-vik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-vik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran sains dengan media boneka horta dapat mengoptimalisasi kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui pembelajaran sains dengan media boneka horta dapat mengoptimalisasi kecerdasan naturalis anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 13 orang terdiri dari 7 orang anak laki- laki dan 6 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan menggunakan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui pembelajaran sains dengan media boneka horta dapat mengoptimalisasi kecerdasan naturalis anak, yang dibuktikan dengan peningkatan hasil perhitungan disetiap kegiatan dan hasil pengamatan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Pada siklus I nilai rata-rata aspek kecerdasasan naturalis “suka berkebun” anak berjumlah 8,2 (cukup). Pada siklus II meningkat menjadi 10,2 (baik), dan pada siklus III meningkat menjadi 12,1 atau (sangat baik). Direkomendasikan agar guru dapat menerapkan pembelajaran sains dengan media boneka horta dalam mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak, dan senantiasa memberikan dorongan dan motivasi kepada anak sehingga anak memiliki keyakinan bahwa dia mampu untuk mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan saat pembelajaran sains dengan media boneka horta berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Sep 2014 09:31
Last Modified: 12 Sep 2014 09:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item