PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI PADA PROGRAM IPS SMA NEGERI 04 KABUPATEN MUKOMUKO)

Alexon, Alexon and Turdjai, Turdjai (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI PADA PROGRAM IPS SMA NEGERI 04 KABUPATEN MUKOMUKO). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-bas.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-bas.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Research, yaitu metode penelitian campuran. Mixed Methods Research menggunakan elemen-elemen kualitatif dan kuantitatif. Dari tiga tipe Mixed Methods Research, maka dalam penelitian ini digunakan tipe Eksploratory sequential. Tipe Eksploratory sequential diawali dari Penelitian Tindakan Kelas. PTK dilaksanakan dalam beberapa siklus sampai diperoleh model yang sesuai. Hasil dari kelas PTK diujikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan Pembelajaran Kontekstual yang dihasikan dari siklus 1 sampai siklus 4, diterapkan di kelas XI IPS.1 SMA Negeri 04 Kabupaten Mukomuko sebagai kelas PTK. Pola yang telah menghasilkan hasil belajar diujikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS.2 dan kelas kontrol XI IPS.3 SMA Negeri 04 Kabupaten Mukomuko. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak empat siklus di SMA Negeri 04 Kabupaten Mukomuko diketahui bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran mengalami peningkatan selama dilakukan penerapan tindakan. Aktivitas belajar siswa di kelas terhadap pelajaran matematika mengalami peningkatan. Disamping itu, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran juga memperlihatkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa tetapi juga meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, walaupun peningkatan yang diperoleh tidak sebaik yang diharapkan tetapi masih pada kategori signifikan. Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemampuan guru, karakteristik siswa, lingkungan, dan faktor pola pikir. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran Kontekstual yang bersifat generik, artinya bahwa model pembelajaran ini dimungkinkan bisa diterapkan pada sekolah lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas eksperimen dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:26
Last Modified: 15 Sep 2014 12:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item