MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI LATIHAN MEMBUAT BOLA PADA ANAK PAUD AL-AZHAR KELOMPOK B KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Epriani , Siska and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI LATIHAN MEMBUAT BOLA PADA ANAK PAUD AL-AZHAR KELOMPOK B KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sis-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sis-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berdasarkan penamatan peneliti dalam kegiatan belajar masih adanya kemampuan motorik halus anak yang masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui latihan membuat bola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui melalui latihan membuat bola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.Subjek penelitian berjumlah 12 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptive dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kesungguhan anak dalam membuat bentuk bola mendapat kriteria sangat baik baik 6 orang anak (50%), kriteria baik 3 orang anak (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16%) dan kriteria kurang 1 orang (8%), aspek kerapian dan kebersihan anak dalam membuat bola mendapat kriteria sangat baik 5 orang anak (41%), kriteria baik 3 orang anak (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16%), kriteria kuarang 2 orang (16%). Kecepatan anak dalam membuat bola dengan benar mendapat kriteria sangat baik 6 orang anak (50%), kriteria baik 4 orang anak (33%), kriteria baik 2 orang anak (16%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kesungguhan anak dalam membuat bentuk bola mendapat kriteria sangat baik 12 orang anak (100%), aspek kerapian dan kebersihan anak dalam membuat bola mendapat kriteria sangat baik 10 orang anak (83%), kriteria baik 2 orang anak (16%). Saran bagi guru untuk meningkatkan motorik halus anak harus pilihlah media yang tepat dan mudah dimengerti anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 15:58
Last Modified: 15 Sep 2014 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item