Amelia , Sela and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (49MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (49MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui permaian balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang, terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus l keberhasilan menunjukkan terdapat 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 8 orang (66,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Pada siklus ll keberhasilan menunjukkan terdapat 10 orang (83,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan balok dapat meningkatkan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Disarankan kepada guru bahwa permainan balok dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 09:43 |
Last Modified: | 16 Sep 2014 09:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8510 |
Actions (login required)
View Item |