MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN

Amelia , Sela and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (49MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (49MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui permaian balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang, terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus l keberhasilan menunjukkan terdapat 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 8 orang (66,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Pada siklus ll keberhasilan menunjukkan terdapat 10 orang (83,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan balok dapat meningkatkan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Disarankan kepada guru bahwa permainan balok dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Sep 2014 09:43
Last Modified: 16 Sep 2014 09:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item