MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DI KELOMPOK B PAUD SHERINA DESA TANJUNG AUR II KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Restiani, Mika and Wembrayarli, Wembrayarli and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DI KELOMPOK B PAUD SHERINA DESA TANJUNG AUR II KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kegiatan menempel dengan media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di PAUD Sherina Desa Tanjung Aur II Kabupaten Bengkulu Selatan.Jenis penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok BPAUD Sherina Desa Tanjung Aur II Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan.kesimpulan yang dapat penulis sampaikan adalah bahwa kegiatan menempel kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di PAUD Sherina Desa Tanjung Aur II Kabupaten Bengkulu Selatan Kesimpulan ini didasarkan oleh hasil penelitian dari siklus pertama dan kedua yang mengalami peningkatan pada setiap indikator pengamatan anak. Antusias anak dalam melakukan kegiatan menempel pada siklus I 20% meningkat menjadi 80% pada siklus II.Ketelitian anak dalam menempelpada siklus I 26,67% meningkat menjadi 73,33% pada siklus II.Ketepatan anak dalam menempel pada gambar yang telah disediakanpada siklus I 13,33% meningkat menjadi 93,33% pada siklus II.Ketekunan anak dalam menempelpada siklus I 6,67% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Sep 2014 14:41
Last Modified: 16 Sep 2014 14:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item View Item