UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN TELUR TERAPUNG DI KELOMPOK B1 PAUD TUNAS BANGSA DESA MERAMBUNG KECAMATAN ULU MANNAKABUPATEN BENGKULU SELATAN

Gustiana, Lini and Wembrayarli, Wembrayarli and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN TELUR TERAPUNG DI KELOMPOK B1 PAUD TUNAS BANGSA DESA MERAMBUNG KECAMATAN ULU MANNAKABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-lin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-lin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa kegiatan bermain telur terapung dapat meningkatkan kognitif sains sederhana anak di kelompok B1 Paud Tunas Bangsa Desa Merambung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan yang terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B PAUD Tunas Bangsa Desa Merambung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan.Pada siklus pertam a masih banyak anak yang belum dapat membuat telur terapung, sedangkan pada siklus kedua hampir seluruh anak masuk dalam kategori baik.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan bermain telur terapung dapat meningkatkan kognitif anak.perubahan antara siklus pertama dan siklus kedua berdasarkan hasil pengamatan guru yaitu pada aspek anak selalu ingin tahu dengan mencoba membuat telur terapung pada siklus I 40% meningkat menjadi 80% pada siklus II, aspek anak tekun membuat telur terapung sesuai instruksi guru pada siklus I 30% meningkat menjadi 90% pada siklus II, aspek anak mampu mempersiapkan peralatan membuat telur terapung sendiri tanpa melihat kerja teman atau tanpa di bantu guru pada siklus I 30% meningkat menjadi 80% pada siklus II, aspek anak mampu membuat telur terapung pada siklus I 40% meningkat menjadi 80% pada siklus II dan aspek anak mampu menyelesaikan tugas dan membersihkan tempat atau peralatan yang telah dipergunakan pada siklus I 30% meningkat menjadi 70% pada siklus II, rata-rata kelas meningkat dari 34% pada siklus I ke 80% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 10:19
Last Modified: 17 Sep 2014 10:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item