MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI LATIHAN BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B PAUD MANGKUDUM INDAH DESA PASAR PINO KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Nababan, Linda Lekahani and Wembrayarli, Wembrayarli and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI LATIHAN BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B PAUD MANGKUDUM INDAH DESA PASAR PINO KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-lin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-lin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui latihan bermain peran dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini, yaitu untuk mengetahui apakah latihan bermain peran dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Alat penumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes lisan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Subjek penelitian adalah Anak PAUD Mangkudum Indah yang berjumlah 11 orang. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kekompakan anak dalam bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 3 orang anak (27%), aspek keseriusan anak dalam mengikuti latihan bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 4 orang anak (36%), aspek kebenaran anak dalam menirukan peran sebagai pak polisi mendapat sangat kriteria baik 4 orang anak (36%), dan aspek kesabaran anak dalam menungu giliran bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 3 orang anak (27%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kekompakan anak dalam bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 9 orang anak (81%), aspek keseriusan anak dalam mengikuti latihan bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 9 orang anak (81%), aspek kebenaran anak dalam menirukan peran sebagai pak polisi mendapat kriteria baik 11 orang anak (100%). Aspek kesabaran anak dalam menunggu giliran bermain peran polisi mendapat kriteria sangat baik 9 orang anak (81%). Dengan demikian latihan bermain peran dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak kelompok B PAUD Mangkudum Indah Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. sehingga saran kepada guru bahwa bermain peran merupakan alternatife yang dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan social emosional anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 10:32
Last Modified: 17 Sep 2014 10:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item