MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI MENANAM KACANG HIJAU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-AZZAM KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Garmiati, Eci and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI MENANAM KACANG HIJAU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-AZZAM KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-eci-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-eci-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berdasarkan pengamatan peneliti masih lemahnya pemahaman anak tentang sains. Rumusan masalah adalah: Apakah melalui metode demonstrasi menanam kacang hijau dapat meningkatkan pemahaman sains pada anak. Adapun tujuan penelitian yaitu: untuk meningkatkan pemahaman sains pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes lisan. Sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase. Subjek penelitian anak PAUD Al-Azzam berjumlah 12 anak. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek Anak dapat memahami tentang pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau mendapat kriteria sangat baik 4 orang anak (33%), kriteria baik 3 orang anak (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16,6%), kriteria kurang 3 orang anak (25%), aspek anak mampu menjelaskan mengapa tanaman memerlukan air dan sinar matahari mendapat kriteria sangat baik 5 orang anak (41,3%), kriteria baik 3 orang anak (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16,6%), kriteria kurang 2 orang (16,6%). Anak mampu menjelaskan fungsi sinar matahari dan air bagi tanaman mendapat kriteria sangat baik 5 orang anak (41,3%), kriteria baik 2 orang anak (16,6%), kriteria sedang 2 orang anak (16,6%) dan kriteria kurang 3 orang (25%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek anak dapat memahami tentang pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau mendapat kriteria sangat baik 12 orang anak (100%), aspek anak mampu menjelaskan mengapa tanaman memerlukan air dan sinar matahari mendapat kriteria sangat baik 12 orang anak (100%). Anak mampu menjelaskan fungsi sinar matahari dan air bagi tanaman mendapat kriteria sangat baik 10 orang anak (83,3%), kriteria baik 2 orang anak (16,6%).Sehingga dapat disimpulkan melalui metode demonstrasi menanam kacang hijau dapat meningkatkan pemahaman sains pada anak kelompok B PAUD AL-AZZAM Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Saran kepada guru untuk lebih bervariasi lagi dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman sains anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 14:34
Last Modified: 17 Sep 2014 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item