MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA BENANG PADA ANAK KELOMPOK B PAUD NURUL AMAL DESA BETUNGAN KECAMATAN KEDURANG ILIR KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Trisnahayu , Eca and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA BENANG PADA ANAK KELOMPOK B PAUD NURUL AMAL DESA BETUNGAN KECAMATAN KEDURANG ILIR KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-eca-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-eca-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kreativitas seni anak dalam kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui permainan warna media benang dapat meningkatkan kreativitas seni pada anak. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui melalui permainan warna media benang dapat meningkatkan kreativitas seni anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi dan portopolio, analisis data yang digunakan teknik persentase. Subjek penelitian adalah anak PAUD Nurul Amal berjumlah 13 orang. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kemampuan anak dalam mengkombinasikan lebih dari 2 warna atau sampai 4 warna mendapat kriteria baik 7 orang anak (53%), kriteria sedang 4 orang anak (30%) dan kriteria kurang 2 orang anak (15%). Aspek kerapian anak dalam mengatur warna dengan menggunakan media benang mendapat kriteria baik 3 orang anak (23%), kriteria sedang 4 orang anak (30%) dan kriteria kurang 6 orang anak (46%). Aspek kecepatan dan kesabaran anak dalam permainan dengan menggunakan media benang mendapat kriteria baik 7 orang anak (53%), kriteria sedang 4 orang anak (30%) dan kriteria kurang 2 orang anak (15%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kemampuan anak dalam mengkombinasikan lebih dari 2 warna atau sampai 4 warna mendapat kriteria baik 12 orang anak (92%), kriteria sedang 1 orang anak (7%). Aspek kerapian anak dalam mengatur warna dengan menggunakan media benang mendapat kriteria baik 11 orang anak (84%), kriteria sedang 2 orang anak (15%). Aspek kecepatan dan kesabaran anak dalam permainan dengan menggunakan media benang mendapat kriteria baik 13 orang anak (100%). Sehingga dapat disimpulkan melalui permainan warna media benang dapat meningkatkan kreativitas seni anak. Saran kepada guru bahwa melalui permainan warna dengan media benang dapat menjadi alternatife untuk meningkatkan kreativitas seni anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 14:56
Last Modified: 17 Sep 2014 14:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item