MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI TEKNIK MENCETAK DENGAN UMBI-UMBIAN PADA KELOMPOK B PAUD PURI RAFLESIA DESA BABATAN ILIR KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Disianah , Disianah and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI TEKNIK MENCETAK DENGAN UMBI-UMBIAN PADA KELOMPOK B PAUD PURI RAFLESIA DESA BABATAN ILIR KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-dis-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-dis-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui tehnik mencetak dengan umbi-umbian dapat meningkatkan kreativitas seni anak di kelompok B PAUD Puri Rafflesia Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui apakah melalui tehnik mencetak dengan media umbi-umbian meningkatkan kreativitas seni anak di kelompok B PAUD Puri Rafflesia Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi, yang menunjukan pengumpulan data dengan teknik observasi, foto dan portopolio. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik prsentase. Subjek penelitian adalah anak Paud Puri Raflesia yang berjumlah 16 orang. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kerapian tugas anak dalam mencetak dengan media umbi-umbian mendapat kriteria sangat baik 6 orang anak (50%), kriteria baik 3 orang anak (25%), kriteria sedang 2 orang (16,6) dan kriteria kurang 1 orang anak (8,3%). Aspek kebersihan tugas anak dalam mencetak dengan media umbi-umbian mendapat kriteria sangat baik 5 orang anak (41,3%), kriteria baik 3 orang (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16,6%) dan kriteria kurang 2 orang anak (16,6%). Aspek kecepatan anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan mendapat kriteria sangat baik 7 orang anak (58,3%), kriteria baik 3 orang (25%), kriteria sedang 2 orang anak (16,6%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kerapian tugas anak dalam mencetak dengan media umbi- umbian mendapat kriteria sangat baik baik 10 orang anak (83,3%), kriteria baik 2 orang anak (16,6%). Aspek kebersihan tugas anak dalam mencetak dengan media umbi-umbian mendapat kriteria sangat baik 11 orang anak (91,3%), kriteria baik 1 orang anak (8,3%). Aspek kecepatan anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan mendapat kriteria sangat baik 12 orang anak (100%). Saran bagi guru dalam meningkatkan kreativitas seni anak hendaknya menciptakan media yang lebih kreatif dan mudah dimengerti anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 15:22
Last Modified: 17 Sep 2014 15:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item