Anis, Sofia and Susetyo, Susetyo and Wardhana, Dian Eka Chandra (2014) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA INKLUSI TIPE C (TUNAGRAHITA) DI SD NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sof.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (17MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sof.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (17MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui problematika pengajaran bahasa Indonesia pada siswa inklusi Tipe C (tunagrahita) ringan Sekolah Dasar Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan mengenai problematika pengajaran siswa inklusi. Data diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran dan wawancara kepada guru yang mengajar di kelas VI B. Hasil yang didapatkan dari penenelitian ini diketahui bahwa problematika dalam pengajaran bahasa Indonesia siswa Inklusi adalah: (1) Guru mengalami kesulitan dalam menentukan tujuan pembelajaran bagi siswa tunagrahita ringan, (2) Guru mengalami kesulitan dalam memilih dan mengembangkan materi yang sesuai untuk anak tunagrahita ringan, (3) Guru mengalami kesulitan dalam mengatur waktu penggunaan metode pelajaran agar tidak monoton, (4) terbatasnya fasilitas yang dimiliki sekolah sehingga guru tidak bisa memanfaatkan penggunaan media untuk pembelajaran, (5) Guru mengalami kesulitan melakukan evaluasi karena kemampuan anak tunagrahita tidak bisa disamakan dengan anak lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 10:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2014 10:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8569 |
Actions (login required)
View Item |