Asteri, Kartika and Ariesta, Ria and Wulandari, Catur (2014) STRATEGI PEMAHAMAN TEKS BACAAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kar-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (661kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,1-14-kar-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (661kB) | Preview |
Abstract
Masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemahaman dalam teks bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Ruang lingkup penelitian difokuskan pada strategi pemahaman dalam teks bacaan siswa yang mencakup pada bagaimana proses belajar siswa, hasil belajar siswa dan strategi yang digunakan siswa dalam memahami teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemahaman dalam teks bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kota Bengkulu khususnya siswa kelas VIII.1. Sumber data dan teknik pengumpulan data dalam penelitian disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. dengan menggunakan reduksi data, display data, penyimpulan dan validasi/verifikasi. Hasil dari penelitian bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu menggunakan strategi dalam memahami teks bacaan. Strategi yang digunakan siswa yaitu strategi membaca dengan cepat, strategi mengenali pola paragraf, strategi mengenali pola wacana, strategi mengenali jenis teks dan strategi membaca teks secara keseluruhan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam memahami teks bacaan menggunakan beberapa strategi. Pada tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori baik sekali dengan Kemampuan skor hasil seluruh subjek mendapatkan nilai sebesar 95, 5.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 15:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2014 15:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8581 |
Actions (login required)
View Item |