Juita, Helmi and Utomo, Padi and Lubis, Bustanuddin (2014) PENGARUH MINAT BACA KARYA SASTRA TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI DALAM CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-hel-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (24MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-hel-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (24MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca karya sastra terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah pada kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh menggunakan quisioner dan tes objektif. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca karya sastra terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah karena hasil perhitungan Freg lebih besar dari Ftabel dengan db (1,32) pada taraf signifikansi 5% = 2,19 yaitu 4,88 > 2,19. Berdasarkan perhitungan besar sumbangan relatif-efektif minat baca karya sastra terhadap kemampuan menemukan nilai- nilai dalam cerpen adalah 13,32% dan 17,74%. Minat baca karya sastra siswa adalah 62,79 dan berada pada kategori tinggi. Sedangkan kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen adalah 72% dan berada pada kategori baik. Dengan demikian hipotesis terdapatnya pengaruh yang signifikan antara minat baca karya sastra terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah diterima. Pengaruh dari minat baca karya sastra terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai dalam cerpen diantaranya adalah dengan minat baca karya sastra yang tinggi, maka siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang cerpen sehingga siswa mampu menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang ia baca secara baik karena pengalaman membaca yang membuat kemampuan membaca atau memahami cerpennya menjadi semakin baik pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 09:32 |
Last Modified: | 24 Sep 2014 09:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8585 |
Actions (login required)
View Item |