PROBLEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MENULIS NASKAH DRAMA DI SMP NEGERI 01 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH (KUALITATIF)

Yuliani, Santi and Susetyo, Susetyo and Amrizal, Amrizal (2014) PROBLEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MENULIS NASKAH DRAMA DI SMP NEGERI 01 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH (KUALITATIF). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-san-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-san-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penilaian dalam menulis naskah drama dan mengetahui problematika siswa kelas VIII dalam menulis naskah drama di SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui siswa kelas VIII dan guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika siswa kelas VIII dalam menulis naskah drama di SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah adalah: (1) kurangnya penjelasan guru mengenai alur drama, sehingga siswa masih belum memahami menulis naskah drama dengan menggunakan alur yang baik, (2) kurangnya pemahaman siswa terhadap penokohan dan perwatakan, (3) siswa kurang memahami cara membuat dialog atau percakapan yang baik. Dialog yang dibuat bukan berbentuk percakapan, melainkan seperti bercerita (narasi). Selain itu, percakapan pada dialog tidak disertai dengan tanda baca, (4) siswa kurang menguasai bahasa Indonesia dan masih terbiasa menggunakan bahasa daerah (Melayu Bengkulu), (5) tidak jelasnya latar baik latar tempat, waktu, maupun suasana, karena sebagian siswa terkadang lupa untuk menggunakan latar pada dramanya, (6) kurangnya pemahaman siswa terhadap tema, sehingga tema yang diangkat tidak sesuai dengan isi drama, (7) Siswa kesulitan dalam membuat amanat atau pesan dari naskah drama yang mereka hasilkan. Hal ini dikarenakan naskah yang dibuat oleh siswa masih asal- asalan, sehingga amanat sulit ditentukan, (8) pengetahuan siswa yang masih kurang terhadap teks samping karena tidak ada penjelasan secara mendalam dari guru, sehingga ada beberapa naskah yang tidak memiliki teks samping, (9) terganggunya konsentrasi siswa karena suasana kelas yang bising dan tidak kondusif, sehingga naskah drama yang dihasilkan tidak maksimal, bahkan ada beberapa naskah drama yang hasilnya sama, (10) Kurangnya KD (kompetensi dasar) mengenai materi drama, sehingga materi drama hanya diajarkan beberapa kali saja, (11) kurangnya penjelasan guru terhadap struktur-struktur drama, sehingga siswa banyak yang belum memahami materi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Sep 2014 10:09
Last Modified: 24 Sep 2014 10:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item View Item