ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI KOTA BENGKULU

Fitria, Yenni and Susetyo, Susetyo and Trianto, Agus (2014) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-yen.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-yen.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa Tunagrahita sedang (C 1) di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan mengenai pembelajaran siswa tunagrahita sedang. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara kepada guru yang mengajar di kelas V A. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia siswa tunagrahita sedang (C 1) dilihat dari penggunaan materi pembelajaran adalah (1) Teks yang digunakan terlalu panjang (2) Tidak sesuai dengan pengalaman siswa sehari-hari. Kemudian dari penggunaan metode pembelajaran yaitu (1) Metode pembelajaran yang digunakan monoton, (2) Guru menggunakan kalimat yang berbelit-belit, (3) Prinsip pengulangan dalam belajar yang kurang tepat. Selanjutnya dari penggunaan media pembelajaran yaitu guru kurang memanfaatkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Sep 2014 15:16
Last Modified: 24 Sep 2014 15:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8591

Actions (login required)

View Item View Item