UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DI KELAS VIII A SMPN 15 KOTA BENGKULU

Anjenny, Dwi Mita and Idrus, Irdam and Abbas , Abbas (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DI KELAS VIII A SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-dwi-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-dwi-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII A SMPN 15 Kota Bengkulu menggunakan metode PQ4R. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yan dilakukan dalam 2 siklus.Masing- masing siklus terdiri dari tahap- tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa pada kelas VIIIA SMPN 15 Kota Bengkulu. Aktivitas yang akan diteliti meliputi aktivitas Guru dan Siswa, yang akan diukur melalui Lembar Observasi. Sementara itu Hasil Belajar siswa akan diukur menggunakan tes tertulis setelah pembelajaran dengan menggunakan metode PQ4R pada materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Data hasil pengamatan akan dianalisis dengan menghitung skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai tiap kriteria. Sedangkan data hasil belajar biologi siswa akan dianalisis dengan menghitung persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Dari analisa data menunjukkan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 85% dengan kriteria tuntas. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dengan kriteria tuntas. Pada lembar observasi aktivitas mengajar guru siklus I diperoleh nilai rata- rata 37 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 39,5 dengan kriteria baik. Pada lembar observasi siswa siklus I diperoleh nilai rata- rata 36 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 36,5 dengan kriteria baik. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dengan menerapkan metode PQ4R pada materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia dapat mengetahui aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP N 15 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 25 Sep 2014 10:39
Last Modified: 25 Sep 2014 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item