PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA4 SMAN 5 KOTA BENGKULU

Fadhilah, Yulisty Soraya and Irawati, Sri and Idrus, Irdam (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA4 SMAN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-yul-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-yul-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) di kelas XI IPA4 SMAN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif dalam tiga siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI IPA4 SMAN 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 25,5 (baik), siklus II menjadi 28 (baik) dan siklus III menjadi 29,5 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 21,5 (cukup), siklus II menjadi 27,5 (baik) dan siklus III menjadi 28,5 (baik). Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 71,42 dengan persentase ketuntasan 58,33 % (tidak tuntas), siklus II meningkat menjadi 79,72 dengan persentase ketuntasan 77,78 % (tidak tuntas) dan siklus III meningkat menjadi 84,06 dengan persentase ketuntasan 88,89% (tuntas). Disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMAN 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:08
Last Modified: 22 Jun 2023 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item