PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Susanti, Erwina and Swistoro, Eko and Hamdani, Dedy (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-erw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,erw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA-fisika antara siswa yang diajarkan menggunakan model problem based instruction (PBI) melalui metode eksperimen dengan metode konvensional di SMP Negeri 1 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design yaitu nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014 yaitu kelas VIII-2 dan VIII-3 yang keduanya berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk hasil belajar kognitif dan lembar penilaian afektif untuk hasil belajar afektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Persyaratan uji normalitas dengan uji Chi-Kuadrat dan uji homogenitas dengan perbandingan varians terbesar dengan varians terkecil serta uji perbedaan menggunakan uji t-test separed varian. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA- fisika siswa yang diajarkan menggunakan model problem based instruction (PBI) melalui metode eksperimen dengan metode konvensional di SMP Negeri 1 kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata posttest dan skor rata-rata afektif kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest dan skor rata-rata afektif kelas kontrol dengan thitung = 2,46> ttabel = 2,01 untuk kognitif dan thitung = 6,83> ttabel = 2,01 untuk afektif pada taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Sep 2014 09:46
Last Modified: 26 Sep 2014 09:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item