PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA4 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Sari, Weni Purnama and Swistoro, Eko and Setiawan, Iwan (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA4 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktifan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 35,5, meningkat untuk siklus II 36, dan meningkat kembali pada siklus III 37,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar pada aspek kognitif untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,73 meningkat untuk siklus II menjadi 87 dan 89,6 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek afektif untuk siklus I diperoleh rata-rata 79,6 meningkat pada siklus II menjadi 84,4 dan 87,8 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek psikomotor untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,3 meningkat untuk siklus II menjadi 84,1 dan 85,4 untuk siklus III. Ketuntasan belajar siklus I 72,2% meningkat untuk siklus II menjadi 91,7% dan 100% untuk siklus III. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Sep 2014 10:07
Last Modified: 26 Sep 2014 10:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item