Sari, Weni Purnama and Swistoro, Eko and Setiawan, Iwan (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA4 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktifan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 35,5, meningkat untuk siklus II 36, dan meningkat kembali pada siklus III 37,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar pada aspek kognitif untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,73 meningkat untuk siklus II menjadi 87 dan 89,6 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek afektif untuk siklus I diperoleh rata-rata 79,6 meningkat pada siklus II menjadi 84,4 dan 87,8 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek psikomotor untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,3 meningkat untuk siklus II menjadi 84,1 dan 85,4 untuk siklus III. Ketuntasan belajar siklus I 72,2% meningkat untuk siklus II menjadi 91,7% dan 100% untuk siklus III. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 26 Sep 2014 10:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2014 10:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8613 |
Actions (login required)
View Item |