IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM–ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ermawati, Maya and Bahar, Amrul and Wiwit, Wiwit (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM–ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-may-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,I-14-may-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar kimia dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X A SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X A SMA Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013 - 2014 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa skor rata-rata dari aktivitas guru terjadi peningkatan, pada siklus I yaitu 33 dengan kategori baik, siklus II yaitu 36 dengan kategori baik dan siklus III yaitu 38 dengan katagori baik . Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 26 dengan kategori cukup, siklus II yaitu 33 dengan kategori baik, dan siklus III yaitu 35 dengan katagori baik. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I 65,28 , siklus II meningkat menjadi 70,28 dan siklus III meningkat menjadi 74,86. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 62,85%, siklus II meningkat menjadi 77,78% dan siklus III meningkat menjadi 86,11%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X A SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Sep 2014 10:29
Last Modified: 26 Sep 2014 10:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item