PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN KIMIA DI KELAS X TPMI SMKN 2 KOTA BENGKULU

Oktiani, Resi and Handayani, Dewi and Sumpono, Sumpono (2014) PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN KIMIA DI KELAS X TPMI SMKN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-res-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-res-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TPMI SMKN 2 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Konsep Mol dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe firing line. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) pereencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X TPMI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, yang terdiri dari posttest dan lembar observasi siswa dan guru. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap ketuntasan belajar dan rata-rata skor pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe firing line dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Untuk hasil belajar dapat dilihat pada siklus I: nilai rata-rata sebesar 68,75, persentase daya serap klasikal 68,75%, dan ketuntasan belajar klasikal 70 %. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 70,5, persentase daya serap klasikal 70,5%, dan ketuntasan belajar klasikal 75%. Pada siklus III nilai rata-rata sebesar 73,5, persentase daya serap klasikal 73,5%, dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Untuk aktivitas siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 21 kategori cukup, siklus II sebersar 27 dengan kategori baik dan siklus III sebesar 33 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Sep 2014 15:28
Last Modified: 26 Sep 2014 15:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item