HUBUNGAN PELAKSANAAN KEMANDIRIAN ANAK DALAM KELUARGA DENGAN PELAKSANAAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK A PAUD PERTIWI 1 KOTA BENGKULU

Mardiana, Anissa and Nasirun, Nasirun and Syam, Norman (2014) HUBUNGAN PELAKSANAAN KEMANDIRIAN ANAK DALAM KELUARGA DENGAN PELAKSANAAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK A PAUD PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ann.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ann.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan pelaksanaan kemandirian anak dalam keluarga dengan pelaksanaan kemandirian anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemandirian anak dalam keluarga dan kemandirian anak di sekolah kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling yaitu seluruh data anak kelompok A. Data tentang kemandirian anak dalam keluarga diperoleh dari sumber orangtua anak dengan menggunakan angket. Data tentang kemandirian anak di sekolah diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada guru. Dari hasil dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan kemandirian anak dalam keluarga dengan pelaksanaan kemandirian anak di sekolah. 2. Tingkat kemandirian anak dalam keluarga mencapai kriteria baik. 3. Tingkat kemandirian anak di sekolah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada orangtua hendaknya dapat mengambil sikap yang tepat dalam pengasuhan anak sebab orangtua yang berperan dalam mengasuh, membimbing, membantu dan mengarahkan anak untuk menjadi mandiri. Selain itu, guru hendaknya membantu orangtua untuk menciptakan suasana kemandirian yang baik dalam kehidupan sehari-hari, agar anak memperoleh pengalaman kemandirian yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Sep 2014 14:18
Last Modified: 29 Sep 2014 14:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item