UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF

Marlinda, Dona (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-don.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-don.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong Propinsi Bengkulu dan guru belum menggunakan media yang efektif dan efisien dalam pembelajaran mengenal huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses kegiatan belajar berupa aktivitas guru dan anak serta kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong Propinsi melalui proses pembelajaran dengan menerapkan media pohon huruf. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan dan Observasi, 3) Evaluasi, 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi lembar observasi anak dan dokumentasi. Data hasil observasi dan hasil observasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata nilai (observasi) dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas meningkat sebesar 16,8 point dari 71,6 pada siklus 1 menjadi 88,4 pada siklus 2. Begitu pula halnya dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang meningkat sebesar 35,8 point dari 57,1% pada siklus 1 yang artinya bahwa 8 anak dari 14 anak telah tuntas belajar mengenal huruf dengan memperoleh nilai ≥75 menjadi 92,9% pada siklus 2 yang artinya bahwa 13 anak dari dari 14 anak telah tuntas belajar mengenal huruf dengan memperoleh nilai ≥75. Adanya peningkatan ataupun kemajuan pada nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal menunjukkan bahwa pengunaan media pohon huruf di dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Sep 2014 15:31
Last Modified: 29 Sep 2014 15:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8643

Actions (login required)

View Item View Item