MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B TK TUNAS MULYA DESA PADANG BERANGIN KECAMATAN KOTA MANNA

Sari, Terta Kencana and Wembrayarli, Wembrayarli and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B TK TUNAS MULYA DESA PADANG BERANGIN KECAMATAN KOTA MANNA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-tir-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (41MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-tir-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (41MB) | Preview

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Rendahnya kreativitas anak, guru jarang sekali melaksanakan kegiatan finger painting, guru malas menyiapkan media untuk meningkatkan kreativitas anak, guru hanya menggunakan media yang tersedia. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak melalui penerapan kegiatan finger painting di Kelompok B TK Tunas Mulya Kecamatan Kota Manna. Tujuan khusus penelitian adalah meningkatkan kretivitas motorik halus anak melalui kegiatan finger painting sesuai dengan tema yang ditentukan guru, meningkatkan kretivitas motorik halus anak melalui kegiatan finger painting dengan kreasi anak sendiri, meningkatkan kreativitas motorik halus anak melalui kegiatan finger painting dengan berbagai media. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Finger painting sesuai tema yang ditentukan guru dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kreativitas motorik halus anak siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 46,7%, pada siklus II sudah mencapai 83,35%. Finger painting dengan kreasi anak sendiri, dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak, ini dibuktikan keberhasilan anak pada siklus I dengan katagori nilai baik mencapai 45%, pada siklus II sudah mencapai 81,67%, Finger painting dengan berbagai media dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak, ini dibuktikan keberhasilan anak pada siklus I dengan katagori nilai baik 45%, pada siklus II katagori nilai baik mencapai 81,67%. Kesimpulannya adalah Penerapan kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak di kelompok B TK Tunas Mulya desa Padang Berangin Kecamatan Kota Manna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 30 Sep 2014 09:05
Last Modified: 30 Sep 2014 09:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8646

Actions (login required)

View Item View Item