MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITERA BERBANTUAN MEDIA FILM/VCD DI KELOMPOK B5 RA UMMATAN WAHIDAH DI KOTA CURUP

Hanisah, Hanisah and Dharmayana, I Wayan and Delrefi, Delrefi (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITERA BERBANTUAN MEDIA FILM/VCD DI KELOMPOK B5 RA UMMATAN WAHIDAH DI KOTA CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-han.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-han.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode berceritera berbantuan media ceritera film/VCD dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak di kelompok B5 RA Ummatan Wahidah Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B5 sebanyak 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan , siklus I pertemuan 1 dan ke 2 pada tanggal 28 dan 29 April 2014, dan siklus II pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Mei 2014. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus I pada aspek mengenal diri sendiri yang memperoleh nilai B 17,5% nilai C 42,5%, dan nilai K 40%.Pada Kemampuan mengetahui apa yang diinginkan yang memperoleh nilai B 25%, nilai C 337,5%,dan nilai K 37,5%. Pada kemampuan mengetahui apa yang penting nilai B 25%, nilaiC 35% dan nilai K 40%. Hasil pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada mengenali diri sendiri yang memperoleh nilai B 77,5% nilai C 17,5%, dan nilai K 5%. Pada Kemampuan mengetahui apa yang diinginkan yang memperoleh nilai B 82,5%, nilai C 10%,dan nilai K 7,5%. Pada Aspek mengetahui apa yang penting nilai B 8,5%, nilaiC 7,5% dan nilai K 5%. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa denganmelalui kegiatan berceritera berbantuan media ceritera film/VCD dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak. Pembelajaran dengan menggunakan media film/VCD hendaknya dapat diterapkan di sekolah, sehingga pembelajaran di sekolah menjadi lebih menarik dan tidak monoton agar mencapai hasil yang diharapkan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:14
Last Modified: 01 Oct 2014 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item