MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI TEKNIK MENYUSUN POLA DENGAN MENEMPEL KERTAS WARNA DI KELOMPOK A PAUD IT BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU

Kustilawati, Kustilawati and Nurmansyah, Rezi and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI TEKNIK MENYUSUN POLA DENGAN MENEMPEL KERTAS WARNA DI KELOMPOK A PAUD IT BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak dalam hal menyusun pola sesuai bentuk dan warna pada kelompok A paud IT Baitul Izzah kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mana subjek penelitian adalah peserta didik kelompok A paud IT Baitul Izzah Kota Bengkulu, yang berjumlah 26 anak,15 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini menggunakan 3 siklus data di analisis menggunakan nilai persentase hasil yang di dapat pada siklus 1 rata-rata yang mendapat nilai baik untuk kemampuan dalam mengenal warna yaitu 10 anak (38%), kemampuan menyusun pola 9 anak (35%) dan untuk kemampuan menempel sesuai warna dan pola nilai baiknya 26 anak (38%). Untuk siklus ke 2 nilai baik kemampuan mengenal warna yaitu 13 anak (50%), kemampuan menyusun pola 12 anak (46%), menempel sesuai warna dan pola 11 anak (42%). Pada hasil akhir siklus 3 kemampuan dalam mengenal warna 23 anak (88%), menyusun pola 20 anak (77%), serta menempel sesuai warna dan pola 25 anak (96%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengenal warna, menyusun pola, menempel sesuai warna pola dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:51
Last Modified: 01 Oct 2014 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item