MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU

Oktafiah, Lestari and Nasirun, Nasirun and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-les.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-les.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui metode eksperimen dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak pada kelompok B1 Pendidikan Anak Usia Dini Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu?. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode ekperimen menanam. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B1 berjumlah 22 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan eksperimen sebagai metode yang digunakan dalam pembelajaran dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Terbukti dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak, baik pada aspek kepekaan anak terhadap tanaman maupun keahlian anak dalam membedakan jenis-jenis tanaman mencapai nilai ketuntasan sebesar 82,38% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 10:17
Last Modified: 01 Oct 2014 10:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item