MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA DI KELOMPOK B1 RA ISLAMIC CENTRE CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Nuraini, Nuraini and Kurniah, Nina and Sholihah, Afifatus (2014) MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA DI KELOMPOK B1 RA ISLAMIC CENTRE CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian Tindakan Kelas ini ini adalah medeskripsikan meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka di kelompok B1 RA Islamic Centre Curup kabupaten Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 sebanyak 20 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 11orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua silkus, setiap silkus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, siklus satu pertemuan kesatu dan kedua dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 April 2012, dan siklus kedua pertemuan kesatu dan kedua dilaksanakan pada tanggal 19 dan 21 April 2012. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus pertama yang memperoleh nilai B pada kemampuan mengucapkan bunyi kata 30 %, nilai C 47,5%, dan nilai K 22,5%. Kemampuan mengekspresikan perasaan yang memperoleh nilai B 22,5%, nilai C 45%, dan nilai K 32,5%. Kemampuan menyampaikan gagasan yang memperoleh nilai B 22,5%, nilai C 45%, dan nilai K 32,5%. Hasil pembelajaran pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu untuk kemampuan mengucapkan bunyi kata yang memperoleh nilai B 82,5 %, nilai C 15%, dan nilai K 2,5%. Kemampuan mengekspresikan perasaan yang memperoleh nilai B 80%, nilai C 15%, dan nilai K 5%. Kemampuan menyampaikan gagasan yang memperoleh nilai B 75%, nilai C 22,5%, nilai K 2,5% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan media boneka dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak dalam hal mengucapkan bunyi kata, mengekspresikan perasaan, dan menyampaikan gagasan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 11:08
Last Modified: 01 Oct 2014 11:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item