Nurmaleni , Nurmaleni and Saparahayuningsih, Sri and Ardina, Mona (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (406kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sains anak. Permasalahan ini dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui strategi pembelajaran inquiry pada anak kelompok B4 Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B4 yang berjumlah12 orang yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terbukti bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan sains anak usia dini, rata-rata kemampuan sains anak di akhir penelitian mencapai indikator keberhasilan 89,99%. Dengan terbuktinya penelitian ini maka disarankan kepada guru PAUD dalam meningkatkan kemampuan sains menggunakan strategi pembelajaran inquiry dengan langkah-langkah yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 14:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2014 14:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8680 |
Actions (login required)
View Item |