Setioningrum, Retno and Nasirun, Nasirun and Saparahayuningsih, Sri (2014) OPTIMALISASIKECERDASAN NATURALISMELALUI METODEDISCOVERYDALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINIDIKELOMPOKB1 TAMAN KANAK-KANAKTUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ret.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ret.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (35MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode discovery dalam pembelajaran anak usia dini dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak dengan menerapkan metode discovery dalam pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu yang berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data secara statistik dengan rumus t-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan metode discovery dalam pembelajaran anak usia dini dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak secara signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan pada guru PAUD, untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis anakdapat dilakukandenganmenerapkanmetodediscoverysecara tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 16:08 |
Last Modified: | 01 Oct 2014 16:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8690 |
Actions (login required)
View Item |