Sumiati AW, Sumiati AW and Wachidi, Wachidi and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI SENAM CERIA PADA KELOMPOK B KELAS BADAR RAUDHATUL ATHFAL RABBI RADHIYYA KECAMATAN CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sum.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sum.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan senam ceria dalam upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik pada kelompok B kelas Badar Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya tahun ajaran 2013-2014. Sesuai dengan pembahasan dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yaitu yang mengkominasikan prosedur penelitian dengan tindakan substansik, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin lingkuini, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses pembaikan dan perubahan. Dalam hal ini penelitian dilakukan ketika proses pembelajaran yang berlangsung dalam penelitian ini subyek penelitian adalah siswa kelompok b kelas Badar di Raudhatul athfal Rabbi radhiyya kecamatan Curup. Jumlah anak dikelas ini adalah 20 orang yang semuanya anak laki-laki. Dalam peneliotian ini dibutuhkan suatu alat ukur yang akan membantu peneliti dalam mengumpulkan data mengenai peningkatan kecerdasan kinestetik melalui gerakan senam ceria. Untuk itu maka peneliti membuat pedoman wawancara dan kisi-kisi instrumen yang akan diturunkan menjadi sebuah daftar checklist. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.berdasarkan hasil penelitian dilapangan menerapkan metode senam ceria dapat membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak, karena dengan metode senam ceria terdapat pembelajaran tentang dapat menggerakkan badan dengan lentur, mengikuti gerakan sesuai irama musik,kemampuan mengekspresikan diri, senam mengikuti contoh, menciptaka suasana yang menyenangkan bagi anak, melatih anak dalam terampil melakukan gerakan yang menggunakan motorik pada anak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai persentase serta rata-rata pada siklus pertama baru mencapai 54% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 83%. Hal ini membuktikan bahwa dengan senam ceria dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 11:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 11:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8717 |
Actions (login required)
View Item |