PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA KELAS X SMAN 6 BENGKULU

Yusefdi, Yusefdi and Rusdi, Rusdi and Idris, Irsal (2014) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA KELAS X SMAN 6 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Validasi LKS dilakukan oleh tiga ahli pendidikan bidang matematika, konstruksi, dan bahasa. Kepraktisan LKS diuji pada delapan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas LKS diuji pada siswa kelas XE dan XF SMA Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 64 siswa kelas , terdiri dari 32 siswa kelas XE dan 32 siswa kelas XF. Siswa kelas XE terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Siswa kelas XF terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS, lembar kepraktisan LKS dan lembar efektifitas LKS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,17, (b) LKS Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,25, (c) LKS Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4,10 dan pencapaian efektifitas : (1) Aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru sebesar 4,08 ; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 4,18 ; (3) Hasil belajar siswa kelas XE dan XF SMA Negeri 6 Kota Bengkulu efektif dengan skor sebesar 4,64 dan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 adalah 87 % untuk kelas XF dan 90% untuk kelas XE.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2014 14:50
Last Modified: 02 Oct 2014 14:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item