Astria, Yeni and Maulidiya, Della and Herawaty, Dewi (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yen.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (534kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yen.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, pada umumnya siswa sangat sulit untuk berkosentrasi dalam belajar matematika. Hal tersebut terjadi karena siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, selain itu guru juga masih konvensional dalam mengajar matematika. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) menginginkan siswa setelah belajar matematika mereka akan mempunyai kemampuan pemecahan masalah sehingga siswa mempunyai daya analitis yang baik dalam mengahadapi kehidupannya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatsiswa kan aktivitas memecahkan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, dan (2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X D SMA Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 28 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar aktivitas memecahkan masalah matematika, dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menjelaskan Pembelajaran Inkuiri di kelas X D SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan meningkatkan aktivitas belajar matematika, cara yang dilakukan yaitu : guru mengarahkan siswa untuk menyelidiki masalah secara berkelompok, saling berdiskusi antar anggota kelompoknya, menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan dengan teliti, serta membiasakan siswa menyelesaikan masalah dengan tahapan-tahapan inkuiri. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 75,52; 77,87; dan 79,77 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 57,14%; 82,14% dan 85,71%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari hasil belajar ini terlihat dari nilai hasil observasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut adalah 8,29 (kriteria cukup), 11,43 (kriteria baik) dan 13,83 (kriteria sangat baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 15:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 15:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8726 |
Actions (login required)
View Item |