MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP N 5 KOTA BENGKULU

Novika.A, Tendy and M.Fachruddin, M.Fachruddin and Susanta, Agus (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP N 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ten.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ten.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. M.Fachruddin S., M.Pd dan Pembimbing Pendamping Drs.Agus Susanta, M.Ed., Ph.D. Pembelajaran matematika di SMP selama ini masih didominasi oleh pembelajaran konvensional dimana siswa diposisikan sebagai objek pembelajarn, siswa dianggap tidak tahu atau belum mengerti apa-apa, sementara guru memposisikan diri sebagai seorang yang mempunyai pengetahuan. Sehingga guru terkesan memiliki otoritas tertinggi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan pemberian masalah pada lembar LKS yang digunakan dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 71; 77,8; 82,2 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 40%; 76%; 88,11%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2014 15:09
Last Modified: 02 Oct 2014 15:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item