PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Erasanti, Pipin Devi and Idris, Irsal and Muchlis , Effie Efrida (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-pip.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-pip.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika lebih sering menggunakan metode ekspositori bersifat teacher oriented yang kurang memberi peluang siswa untuk mengkonstruksi ide- ide matematika mereka sendiri sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Siswa bingung menggunakan konsep-konsep matematika karena siswa hanya menghafal konsep bukan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan tipe Think Pair Share (TPS) agar terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan pemberian masalah kontekstual, pembagian kelompok yang tepat, memberi nilai tambah pada kelompok yang bersedia maju saat kegiatan persentasi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 74,48; 79,44; 83,16 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 58,33%; 77,78%; 86,11% dan daya serap siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 74,48%; 79,44%; 83,16%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2014 16:00
Last Modified: 02 Oct 2014 16:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8731

Actions (login required)

View Item View Item