PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU

Jopli, Zolpen Putrawan and Astuty, Nurul and Idris, Irsal (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-zol.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-zol.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan tipe Teams Games Tournaments (TGT) di kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas STAD dan VIII D sebagai kelas TGT, serta kelas VIII B sebagai kelas ujicoba. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes awal (tes untuk menentukan sampel) dan instrument tes akhir (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah divalidasi dengan Uji Ahli. Instrumen tes akhir diujicobakan di kelas ujicoba, lalu dilakukan analisis dengan Uji Validasi (Empiris), Uji Reliabilitas, Uji Taraf Kesukaran dan Uji Daya Beda Soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal tes akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas STAD dengan jumlah siswa 37 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 76,30 dan varians 35,437. Sedangkan kelas TGT dengan jumlah siswa 37 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 72,92 dan varians 57,140. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan Uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih dari tipe TGT di kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:33
Last Modified: 03 Oct 2014 08:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8733

Actions (login required)

View Item View Item