PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Novisa, Nunung and Muchlis , Effie Efrida and Susanta, Agus (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan di SMP Negeri 1 tidak menunjukkan kegiatan aktif dan bermakna bagi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang memilliki validitas, kepraktisan dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap pendefinisan (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari dua ahli materi matematika, dua ahli konstruksi dan satu ahli bahasa. Kepraktisan LKS diuji pada delapan orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas LKS diuji pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS, lembar kepraktisan LKS dan lembar efektifitas LKS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) LKS Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,37, (b) LKS Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori praktis dengan dengan tingkat pencapaian mencapai 82,4%, (c) LKS Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4,4 dengan pencapaian efektifitas : (1) Skor rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru 4,595; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata 4,09; (3) Hasil belajar siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu efektif dengan skor 4,9 dan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 80 adalah 91,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:42
Last Modified: 03 Oct 2014 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item