PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DAN OPEN-ENDED QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 BENGKULU

Simbolon, Herijon MR and Idris, Irsal and Muchlis , Effie Efrida (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DAN OPEN-ENDED QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-her.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-her.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah selama ini dilakukan dengan pembelajaran satu arah dan metode yang digunakan oleh guru adalah metode ekspositori. Kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat sangatlah rendah sehinga pembelajaran menjadi pasif dan kemampuan siswa dalam menjawab serta mengembangkan soal juga belum maksimal. Tuhuan penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran dengan metode diskusi kelas open-ended questions meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelas dan open-ended questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang diamati oleh dua pengemat yaitu siklus I sebesar 15,5 meningkat pada siklus II sebesar 21, peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata pada siklus I sebesar 80,37 dan pada siklus II sebesar 84,36 serta siswa yang memenuhi hasil belajar sesuai dengan kriteria yang ditentukan dari siklus I hingga siklus II sebanyak 18; 20 orang siswa dengan persentase 64,29%; 74,07% sedangkan hasil respon siswa pada silus I dan II yaitu 31,4 dan 30,3.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:56
Last Modified: 03 Oct 2014 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item